Manfaat Sebuah Lagu Untuk Meditasi


Iklan
Seperti dapat disimpulkan dari sebutannya, musik/lagu meditasi adalah jenis musik/lagu yang digunakan selama melakukan meditasi. Yang termasuk dalam kategori musik meditasi adalah lagu-lagu religius, lagu reflektif dan komposisi yang musik modern. Biasanya lagu tersebut secara khusus disusun untuk manfaat meditasi dan telah ditemukan sebagai jenis musik yang terbaik. Juga, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa lagu telah diciptakan untuk membantu mencapai suasana meditasi.

Secara historiskal menyebutkan bahwa musik ini -terutama bernuansa rohani- adalah satu-satunya jenis musik yg dapat membantu bersantai dan tetap tenang. Namun, seiring perkembangan jaman, beberapa komposer lagu mulai membuat melodi khusus untuk meditasi. Dalam jenis lagu ini menyangkut pula berbagai teknik dan konsep untuk meditasi. Tony Scott adalah salah satu komposer terkenal untuk musik Meditasi nya Den pada tahun 1964, Stimmung, Kalheinz Stockhausen pada tahun 1970, Hymnen pada tahun 1969 dan Olivier Messianen pada tahun 1941. Pelaku dari jenis lagu juga diperintahkan untuk hanya bermain dengan pikiran kosong. Dengan kata lain, mereka seharusnya bermain tanpa berpikir tentang hal lain selain permainan lagu mereka. Ini adalah suatu bentuk refleksi dalam dirinya sendiri dan cara para pemain memainkan lagu/musik akan membantu para penonton mencapai meditasi selama pertunjukan. Selain itu, Ben Johnstone, terkenal karena Visi dan Mantra pada tahun 1976, mengharuskan para pemain bermeditasi sebelum memainkan alat musik mereka. Semua ini bermanfaat untuk memastikan bahwa pada saat lagu/musik dimulai maka tercipta suasana refleksi yang ditingkatkan dengan musik.

Saat ini, musik meditasi masih digunakan dalam proses pemikiran dan beberapa komposisi modern telah bermunculan. Penting untuk dicatat bahwa tanpa lagu-lagu ini akan sulit untuk mencapai meditasi. Proses refleksi ini seharusnya mempengaruhi Anda secara keseluruhan, baik jiwa, tubuh maupun pikiran. Jika Anda mencoba untuk bermeditasi tanpa lirik lagu maka akan merasa sulit untuk berkonsentrasi saat meditasi, dengan demikian, hampir tidak mungkin untuk melakukannya. Namun, dengan musik, kamu akan berkonsentrasi pada musik dan akhirnya mencapai suasana bermeditasi.
Iklan
Powered by Blogger.
 
 
Copyright © Manfaat Sebuah Lagu Untuk Meditasi | Lirik Lagu Rohani Kristen Terbaru | Privacy Policy | Disklaimer